Mechanical engineering and Desain Grafis

Belajar bersama tentang teknik mesin

Jenis Ban Mobil Terbaik

Kamis, 06 Juni 2013
Pahami jenis ban mobil terbaik

Memilih atau menentukan ban mobil untuk memperoleh performa mobil yang bagus saat ini menjadi lebih diutamakan, hal ini karena beberapa mobil mempunyai fungsi yang berbeda khusus sehingga beberapa perusahaan pembuat ban mobil menciptakan banyak jenis ban mobil dengan variasi yang sangat banyak. Pemilihan ban mobil berpenumpang tergantung dari bagaimana cara Anda dalam mengemudi dan performa yang Anda inginkan. Berikut adalah jenis-jenis ban mobil yang biasa dipergunakan.
All-season 
Ada dalam berbagai macam ukuran mulai dari untuk mobil kecil sampai dengan SUV dan juga pick-up. Ban-ban jenis ini cocok untuk mereka yang ingin memakainya sampai dengan tahunan (pemakaian jangka panjang) dan untuk pengendaraan yang nyaman.
Performance all-season
Ban jenis ini memiliki speed rating yang lebih tinggi dibandingkan dengan ban standar all-season. Untuk ban jenis ini biasanya memberikan handling serta pengereman yang lebih baik, dan biasanya mempunyai profil yang lebih rendah (tinggi dari dinding sisi ban lebih pendek) dan footprint yang lebih lebar untuk aplikasi yang lebih sporty.

Ultra performance
Biasanya ban jenis ini dipergunakan untuk mobil-mobil sedan atau sporty. Ban jenis ini didesain untuk memberikan memberikan handling yang mantap dan steering yang responsif dalam kondisi jalan kering atupun basah, tetapi untuk umur pemakaian biasanya lebih pendek tetapi semuanya sangat dipengaruhi oleh pemakaian.
Truk dan SUV biasanya membutuhkan ban-ban yang spesial, karena ukurannya yang lebih besar, dinamis. Berikut adalah jenis ban yang dipergunakan untuk truk dan SUV.
All-season truck
Ban jenis ini tepinya membulat dan sangat bagus untuk on-road driving. Ban jenis ini dirancang untuk menampilkan performa yang baik untuk segala macam kondisi.
All-terrain
Ban jenis ini dipergunakan untuk meratakan jalan dan juga untuk jenis off-road ringan. Ban jenis ini diberi tambahan traksi untuk jalanan yang tidak rata dan juga bersalju.
Selanjutnya adalah bagaimana cara memilihnya.
1.      Utamakan Keselamatan.
Carilah ban yang mengutamakan keamanan yaitu ban yang baik pada saat dipakai dalam tes pengereman, handling dan mempunyai daya tahan untuk hydroplaning (pembetukan lapisan air antara ban dan permukaan jalan). Biarkan tread wear, kenyamanan mengemudi, suara-suara, dan daya tahan perputaran menjadi nilai tambah saja.
2.      Bacalah petunjuk yang diberikan
Jaminan yang diberikan oleh pabrik untuk ban-ban mereka adalah jaminan penggantian kerugian apabila ban mengalami kerusakan dalam jarak tempuh yang mereka janjikan. Semakin jauh jarak tempuh yang ada pada ban, semakin kecil nilai penggantiannya.
Kebanyakan jaminan untuk ban hanya mencakup kerusakan yang terjadi karena pengunaan secara regular dan tidak mencakup kerusakan yang dikarenakan lubang dijalanan ataupun bahaya yang terjadi dijalanan.
3.      Kenali ukuran ban
Untuk mengetahui tipe dan ukuran ban yang direkomendasikan oleh manufaktur kendaraan, cek pada bagian plakat yang ada di doorjamb atau laci mobil, pada penutup bahan bakar, atau dibuku panduan pemilik.
Paling tidak sebagai pengendara kendaraan bermotor, Anda mengenal dengan detail kendaraan yang ditumpangi tiap hari. Semoga bermanfaat!






    




1 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    Apakah ban Dunlop ini handal untuk di gunakan ?

Posting Komentar